Penyakit Kista Saat Kehamilan Sebabkan Keguguran?

By | 21st May 2015

Penyakit Kista Saat Kehamilan Sebabkan Keguguran?,- Kista merupakan pembengkakan yang terjadi di alat reproduksi wanita pembengkakan itu berupa kantung kecil yang berisi cairan berupa nanah atau atau cairan-cairan lain. Penyakit kista juga dapat muncul pada saat kehamilan, hal ini di karenakan adanya sel telur keluar dari ovarium dan melebur bersama sperma, karena adanya kekosongan makan hormon human chorionic gonadotropin di dalam ovarium berubah menjadai kista. Kista saat kehamilan termasuk jenis kista corpus luteal cyst atau sering di sebut dengan kista korpus luteus.

Pada saat kehamilan penyakit kista dapat di bedakan menjadi dua bagian, yaitu:

1. Kista yang tumbuh di sebabkan secara alami (fisiologis)

2. kista yang tumbuh di sebabkan keadaan tidak normal (patologis)

Calon ibu yang menderita penyakit kista sering kali mengkhawatirkan kandungannya mengalami keguguran yang di akibatkan penyakit kista. Nmaun menurut para dokter penyakit kista yang tumbuh secara alami (fisiologi) tidak selamanya membahayakan, karena penyakit kista akan mengalami penyusutan apabila masa kehamilan sudah menginjak umur 10 atau 11 mingggu. Oleh sebab itu penyakit kista yang di derita ibu hamil tidaklah membahayakan janin atau sang calon ibu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan calon ibu akan merasakan sakit yang luar biasa yang di akibatkan oleh penyakit kista yang di deritanya.

Namun penyakt kista yang membahayan ibu hamil adalah penyakit kista yang di akibatkan adanya perubahan sel kanker  yang beresiko dapat menimbulkan keguguran. Oleh sebab itu harus di lakukan deteksi dini untuk mencegah hal itu terjadi. Deteksi dini dapat di lakukan seperti menggunakan USG, dengan itu dapat di ketahui diameter dari jenis penyakit kista bahaya atau patologis. Apabila penyakit di temuan diameternya sudah melebihi 5 cm apalagi sampai 15 cm maka itu dapat mengganggu kehamilan yang berakhir pada keguguran. Penyakit kista yang tumbuh dari rongga panggul memiliki ciri tumbuh akar sehingga dapat memicu  komplikasi torsi. Perkembangan komplikasi ini sangat berbahaya pada umur kehamilan sudah pada 10-15 minggu.

Gejala Penyakit Kista

Gejala yang di timbulkan oleh penyakit ini adalah sakit perut di bagian bawah yang di sertai dengan mual-mual dan demam ringan. Apabila penyakit kista menglami pecah hal yang akan di rasakan penderitanya adalah muntah dan sakit di perut bagian bawah yang begitu hebat.

Gejala penyakit kista ini mirip dengan adanya kehamilan di luar kandungan (ruptur kehamilan ektopik ) bahayanya dapat mengganggu janin sehingga dapat menghambat pertumbuhan hingga berakibat terjadinya kematian janin  di dalam rahim (oburtus) yang akhirnya di lakukan pengangkatan dengan pembedahan operasi.

Oleh sebab itu untuk anda yang menderita penyakit kista dan sedang masa kehamilan di sarankan untuk pemeriksaan secara rutin kandungan anda. Apabila terdeteksi ada masalah segera untuk melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya sebelum penyakit kista yang di derita berkembang dan membahayakan diri dan janin anda.

Namun anda juga tak perlu khawatir karena tak selamanya penyakit kista itu membahayakan. Atasi penyakit kista yang anda derita dengan obat kista yang berkhasiat dan aman tanpa menimbulkan efek samping  yaitu dengan obat herbal ace maxs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *